Thursday, May 29, 2014

Ketika Jokowi dan Prabowo Berbahasa Inggris

Jokowi dan Prabowo ketika Pilkada DKI Jakarta 2012.
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Indonesia sebagai salah satu negara yang aktif berperan dalam perdamaian dunia, tak lepas dari pergaulan internasional.
Presiden RI kerap menghadiri forum internasional seperti Konferensi Tingkat Tinggi G20, ASEAN, dan sidang Perserikatan Bangsa Bangsa. Dalam forum-forum itulah ia dituntut untuk menggunakan kemampuan bahasa Inggrisnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang cukup fasih berbahasa Inggris pun kerap menyelipkan kata-kata Inggris dalam berbagai ucapannya – entah secara sadar atau tidak.

Lantas bagaimana dengan kemampuan dan pelafalan Bahasa Inggris kedua calon presiden RI saat ini, Joko Widodo dan Prabowo Subianto? Lihat disini

Dalam perkara bahasa ini, Prabowo Subianto unggul. Capres yang diusung Gerindra, Golkar, PKS, PAN, PPP, dan PBB itu menguasai 3 bahasa asing, yakni Inggris, Jerman, dan Prancis.

Mantan Danjen Kopassus itu semasa berkarier di militer juga sempat mengikuti pelatihan Special Forces Officer Course di Fort Benning, Amerika Serikat, pada tahun 1983. Tak heran bila bahasa Inggrisnya semakin terasah.

Meski demikian, harus diingat bahwa piawai berbahasa Inggris bukan segalanya. Pun soal bahasa bisa dipelajari

viva.co.id

No comments:

Post a Comment